Selasa , Oktober 16 2018
Breaking News
Home / Agenda / KOPRI Rayon Pencerahan Galileo Adakan SIG

KOPRI Rayon Pencerahan Galileo Adakan SIG

PMII Galileo-Sekolah Islam dan Gender yang dikenal dengan SIG merupakan kaderisasi tingkat dasar dalam tubuh KOPRI yang setara dengan MAPABA. Meskipun SIG ini diadakan oleh KOPRI tidak menutup kemungkinan kader putra juga dapat mengikuti sekolah ini. Sebagai, salah satu proker wajib KOPRI Rayon Pencerahan Galileo, maka diadakan SIG 2018 dengan tema “Eksistensi Gender dalam Konsep Islami” (3-4/03/2018).

Kegiatan SIG ini dilaksanakan diluar area Kampus Ulul Albab, tepatnya di Vihara Dharma Mitra. Pemilihan tempat ini selain karena tempatnya strategis, nyaman bagi peserta, juga dengan tujuan memberikan pesan bagi setiap peserta SIG betapa pentingnya toleransi antar umat beragama. Pelaksanaan SIG selama dua hari sejak Sabtu pagi (03/03/2018) hingga Minggu sore (04/03/2018) merupakan pilihan waktu yang tepat, dengan tujuan agar waktu liburan kader-kader galileo dapat diisi dengan kegiatan positif.

SIG kali ini, tidak hanya diikuti oleh kader puteri saja, akan tetapi juga terdapat kader putera yang berpartiipasi. “Tujuan SIG kali ini ingin mengubah konsep bahwa SIG hanya dikhususkan untuk kader puteri saja akan tetapi juga terbuka bagi kader putera. Dan terbukti dengan mulai berubahnya cara pandang peserta putera tentang memposisikan perempuan setelah menerima materi selama dua hari.” Sahabati Hani, selaku ketua pelaksana SIG kali ini merasa sangat senang dengan antusiasme dan keaktifan peerta SIG.

Selain tidak adanya batas peserta putera atau puteri, peserta SIG Rayon Pencerahan Galileo juga berasal dari rayon sebelah yakni dua kader dari Rayon Penyelamat Dja’far Syaifuddin serta 4 kader delegasi Rayon Penakluk Adawiyah. Kedatangan delegasi ini menjadi salah satu tanda bahwa dalam menuntut ilmu tidak ada sekat antar rayon. Sehingga, dengan ini semakin memperkuat rasa persahabatan (hablum minan nass) antar rayon.

Pemilihan tema SIG yakni, Eksistensi Gender dalam Konsep Islami memiliki tujuan untuk menguatkan kembali pemahaman peserta mengenai gender yang pada hakikatnya telah dari awal di jelaskan dalam Al Quran. Peserta SIG yang berjumlah sekitar 20 orang, dengan antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri-pemateri yang ahli dalam bidangnya. Pada tanggal 03 Maret terdapat empat materi wajib yaitu, Fiqih Peremuan, Hukum Islam di Indonesia, Gender dalam Perspektif Al quran dan Hadist, dan Konsep Dasar Islam. Sedangkan, di hari kedua terdapat dua materi tambahan yakni Pulic Speaking dan Kepemimpinan Perempuan.

“Dengan mengikuti SIG ini mampu merubah pola pikir aya yang mulanya merasa bahwa laki-laki lebih dan di atas perempuan kemampuannya. Namun, setelah menerima materi saya mengerti bahwa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan telah ditegaskan dalam agama.” Di sampaikan oleh satu-satunya delegasi kader putera Rayon Pencerahan Galileo, Sahabat Nasruddin.

Sahabati Wida, selaku ketua KOPRI Rayon Pencerahan Galileo, menyampaikan, “Besar harapan saya di SIG selanjutnya jumlah peserta putera dan puterinya seimbang sehingga menghilangkan pandangan bahwa SIG hanya dikhususkan bagi kader puteri saja. Dengan SIG ini juga saya berharap para kader puteri dapat menjadi lebih tangguh dan percaya diri dan mau memimpin baik di organisasi ataupun lainnya.”

Diakhir acara, diadakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) bagi peserta SIG. Setelah dilakukan voting ditetapkan adanya Follow Up pada Hari Minggu Ba’da Maghrib dengan dua materi utama, yaitu: Gender Perspektif Al Quran dan Hadist, serta materi kedua Perempuan dalam Ranah Politik. Tujuan Follow Up ini adalah untuk memantapkan kembali pemahaman peserta serta menambah khazanah pengetahuan yang mungkin belum tersampaikan dalam SIG.

“Bergeraklah, atau kau akan terlupakan.”

 

Oleh: N.

Tentang Nuril

Lihat Juga

Biografi Agus Herlambang, Ketua Umum PB PMII Masa Khidmat 2017-2019

PMII Galileo – Akrab dipanggil dengan Mr. Agus atau Sahabat Agus, lengkapnya adalah Agus Mulyono Herlambang …

Biografi Septi Rahmawati, Ketua PB KOPRI 2017-2019

PMII Galileo – Septi Rahmawati akrab disapa Septi merupakan Putri ke empat  dari Lima bersaudara. Ayahanda …

Biografi Ahmad Hifni, Penulis Buku Menjadi Kader PMII

PMII Galileo –  Ahmad Hifni kelahiran di Jember, Jawa Timur pada tanggal 11 Agustus 1993. Ia …

Biografi Ibnu Taimiyyah

PMII Galileo – Syaikhul Islam Al Imam Abul Abbas namanya adalah Ahmad bin Abdul Halim Abdus …

Biografi Sahabat Mahbub Junaidi

PMII Galileo –  Mahbub Djunaidi sosok kelahiran Jakarta 27 juli 1933 ini memang begitu gemar …

Open House PMII Rayon “Pencerahan” Galileo

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh *Bersemilah bersemilah kader PMII. Tumbuh subur tumbuh subuh kader PMII* Kepengurusan terus …

Tahlil Rutin PMII Rayon Pencerahan Galileo – 08 September 2016

Tahlil merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Organisasi PMII Rayon Pencerahan Galileo. Selain sebagai bentuk …

RTAR PMII Rayon Pencerahan Galileo XVI

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Tangan terkepal,,maju ke muka Tak terasa setahun sudah berlalu, semuanya seakan terasa …

Harlah PMII Rayon Pencerahan Galileo XVI

Assalamu’alaikum, sahabat.. Tetap dalam semangat perjuangan.. tangan terkepal dan maju kemuka.. Dzikir Fikir Amal Sholeh. …

Ladzat Kaum Berdarah Segar

Mempelajari hal yang terkecil itu perlu, merasa bisa dan mengerti  merupakan sifat yang gak bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *