Rabu , Agustus 15 2018
Breaking News
Home / Artikel / Istiqomah dalam Ber-Organisasi

Istiqomah dalam Ber-Organisasi

PMII Galileo – Judul di atas terdiri dari dua variabel kata, yaitu istiqomah dan organisasi yang mempunyai makna dan arti tersendiri. Istiqomah dapat diartikan sebagai terus menerus, kokoh, teguh pendirian, tetap dan konsisten. Sedangkan arti dari organisasi sendiri dapat ditinjau dari dua sudut, yakni dari sudut statis dan dinamis. Arti organisasi dari sudut statis mempunyai arti wadah dari sekumpulan orang untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. Sedangkan arti organisasi dari sudut dinamis adalah merujuk pada orang-orang yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dari situlah dapat disimpulkan bahwa istiqomah dalam berorganisasi memiliki pengertian ke konsistenan sesorang dalam menjalankan roda ke organisasian dengan tetap memperhatikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelaku organsasi guna mencapai tujuan yang sama.

Kadangkala sebagian orang mengasumsikan makna “tetap”dari istiqomah kurag tetap, bagi hemat penulis makna “tetap” dari istiqomah tersebut merujuk pada tetap dalam kedinamisan. Dalam artian tetap bergerak dan mempertahankan pola tingkah laku dan perilku sebagai pelaku organsasi meskipun halangan dan rintangan kian datang silih berganti menghampirinya. Dengan tanda kutip pola tigkah laku dan perilaku tersebut dalam koridor baik sehingga perlu kiranya untuk tetap dipertahankan dan dilaksanakan secara terus menerus.
Kata istiqomah memang mudah di ucapkan, namun susah untuk dilakukan. Meski susah tidak ada salahnya kita harus dan tetap mencoba dan memulai dari diri individu kita sendiri tanpa harus menunggu orang lain untuk istiqomah. Apa lagi istiqomah ingin dilakukan secara kolektif atau kelompok justru akan semakin susah tercipta.
Dalam prinsip perjuangan Nahdlatul Wathon adalah yakin, ikhlas dan istiqomah. Betapa pentingnya istiqomah dilakukan dalam berbagai hal termasuk istiqomah dalam berorganisasi. Tujuan organisasi akan mudah dicapai apabila para pelaku dalam organsasi tersebut mampu menjalankan tugas dan kewajibannya secara konsisten (istiqomah).
Salah satu manfaat dari istiqomah adalah dapat meneguhkan dan mengokohkan pendirian kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang di emban meskipun menemukan halangan dan rintangan. Namun dengan beristiqomah tidak akan mudah lengah dan putus asa untuk terus berproses dan berusaha hingga membuahkan hasil yang maksimal dan memuaskan.
Untuk mencapai istiqomah butuh proses bertahap secara evolusiner bukan revolusioner. Untuk itu mulailah dari hal-hal kecil namun konsisten dilakukan. Selain itu harus memilih dan memilah kawan/teman yang baik dalam hal untuk beristiqomah. Dan yang terpenting mulailah diri kita sendiri untuk istiqomah sehingga mampu meghipno dan mengajak orang lain disekitar kita untuk ikut istiqomah dalam kebaikan, tentunya……………….!!!. wallahu a’lam.
Oleh : Yudi Perreng

Tentang sahabatgalileo

Lihat Juga

Kau Anggap Aku Ahlul Bid’ah. Kamu?

PMII Galileo – Berbicara masalah Bid’ah pasti sudah tidak asing lagi dibenak sahabat Galileo. Utamanya …

Aku “NU”, Jangan Kau Ambil Namaku

PMII Galileo – “Miris, sampai hati ini ikut menangis.Ideologi yang susah payah dibangun ulama’ku justru …

Peran Mahasiswa Masa Kini

PMII Galileo– Sebagai mahasiswa kita perlu mengetahui apakah esensi sebenarnya yang terkandung dalam satu kata …

Filsafat Sebagai Ilmu Kritis

PMII Galileo – Sejak awal Negara Barat terjadi dikotomi antara agama dan filsafat. Sebelum berkembangnya …

UIN Maliki Malang Bentuk Lembaga Riset dan Fatwa “Majma’ Al-buhuts wa Al-ifta” 

PMII Galileo – Universitas Islam Negeri Malang, sebagai salah satu Universitas dengan eksistensi yang cukup …

INTERPRETASI PAHLAWAN DALAM ORIENTASI PMII MASA KINI

PMII Galileo –  Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk …

Rangers Galileo

PMII Galileo – Pengamatanku yang sudah berjalan hampir 15 tahun pada Power Rangers, meskipun tidak sistematis …

PAHLAWAN GENERASI MILLENIAL

Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah sebuah contoh adanya pahlawan dalam perjalanan bangsa ini, tanpa mereka kita …

HARI PAHLAWAN MENURUT SANTRI ZAMAN NOW

Indonesia sekarang sudah berumur 72 tahun dari sejarah pertempuran mempertahankan kemerdekaan di Surabaya pada tanggal …

Pahlawan Bukan Sekedar Dikenang

PMII Galileo –  “Betapa hatiku takkan pilu telah gugur pahlawanku. Betapa hatiku takkan sedih hamba ditinggal sendiri. Siapakah kini pelipur lara nan setia dan perwira. Siapakah kini pahlawan hati pembela bangsa sejati . . . . (Ismail …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *