Selasa , Oktober 16 2018
Breaking News
Home / Agenda / PMII RPG Adakan Diskusi Bertemakan “Filsafat Sebagai Ilmu Kritis”

PMII RPG Adakan Diskusi Bertemakan “Filsafat Sebagai Ilmu Kritis”

PMII Galileo – Diskusi merupakan satu hal yang tak bisa terlepas dari kehidupan mahasiswa, terlebih bagi kaum pergerakan. Untuk terus mengupgrade dan membentuk kader pergerakan yang kritis, kegiatan diskusi rutinan dengan tema yang relevan dengan ranah pemikiran mahasiswa tentu merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk kemudian dijadikan sebagai agenda rutinan PMII RPG. Diskusi kali ini mengupas tentang “Filsafat Sebagai Ilmu Kritis” dengan pemateri, Bapak Dr. Moh. Anas, M. Phil. (21/11/2017)

Sahabat Engki selaku Direktur dari Biro Pengembangan Wawasan menegaskan bahwa “topik Filsafat Sebagai Ilmu Kritis sangat penting dikaji bagi mahasiswa sains, mengingat dalam istilah Yunani disebutkan bahwa Philoshophy is Mother of Science, yang mana kemudian output dari wawasan kajian filsafat ini dapat diaplikasikan oleh seluruh Sahabat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Rayon “Pencerahan” Galileo”.

“Filsafat sebagai proses dari segala objek dalam sains sangat penting diaplikasikan oleh mahasiswa sains dan teknologi, karena jika diperhatikan secara mendalam, mahasiswa sains selama ini telah termakan paradigma-paradigma sains yang kemudian mendoktrin menset mereka bahwa sains merupakan bidang ilmu yang positivistik, padahal sejatinya sains yang berasal dari filsafat bersifat Realistik bukan Positivistik (kebalikan Realistik)” tambahnya.

 

Baca : Filsafat Sebagai Ilmu Kritis

 

Sahabat Sya’roni selaku peserta menanggapi, “materi yang di persiapkan sangatlah membantu dalam jangka waktu relatif panjang. Selain dapat diterapkan dalam keseharian pada saat menerima materi perkuliahan sains juga dapat membantu memperlancar pemahaman mata kuliah Filsafat Ilmu. Semoga rutinan demi rutinan tiap minggunya semakin menambah wawasan Sahabat-sahabat PMII Rayon “Pencerahan” Galileo beserta Mahasiswa lain di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”

Kajian yang di adakan oleh Biro Pengembangan Wawasan PMII Rayon “Pencerahan” Galileo ini diikuti oleh lebih kurang 25 Anggota dan Kader PMII Rayon “Pencerahan” Galileo yang dilaksanakan di Gedung B Lantai satu sebelah Utara Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

“Mengapresiasi acara diskusi menjadi suatu kelumrahan bahkan bisa dikatakan kewajiban bagi saya, namun yang patut dijadikan poin plus pada diskusi kali  ini adalah materi yang dibawakan sangat penting dan sangat bermanfaat bagi seluruh warga Rayon “Pencerahan” Galileo dan Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada umumnya” tutur Sahabat Qomaruddin selaku ketua Rayon PMII RPG.

“Selain itu, pemateri (Dr. Moh. Anas, M.Phil.) juga menjadi poin plus kajian yang bertemakan Filsafat Sebagai Ilmu Kritis, mengingat Filsafat memang menjadi ilmu yang membidangi beliau. tak hanya itu, Dosen Universitas Brawijaya Malang tersebut juga merupakan mantan Ketua Umum PC. PMII Yogyakarta pada zamannya” tambahnya.

 

Oleh : Tim Jurnalistik Teropong

 

Tentang sahabatgalileo

Lihat Juga

PMII RPG Adakan Mapaba Sesion II

Tahun akademik baru menjadi ajang perlombaan mahasiswa baru disemua Universitas dan sekolah tinggi di Indonesia. …

PMII RPG adakan Follow Up MAPABA 2017

PMII Galileo –  Mencetak Kader penerus merupakan kewajiban bagi organisasi kaderisasi seperti Pergerakan Mahasiswa Islam …

GERAKAN AKSI MENULIS

Tanggal 10 November, merupakan hari dimana sejarah tidak bisa di lupakan, hari dimana para pahlawan …

Biografi Agus Herlambang, Ketua Umum PB PMII Masa Khidmat 2017-2019

PMII Galileo – Akrab dipanggil dengan Mr. Agus atau Sahabat Agus, lengkapnya adalah Agus Mulyono Herlambang …

Biografi Septi Rahmawati, Ketua PB KOPRI 2017-2019

PMII Galileo – Septi Rahmawati akrab disapa Septi merupakan Putri ke empat  dari Lima bersaudara. Ayahanda …

Biografi Ahmad Hifni, Penulis Buku Menjadi Kader PMII

PMII Galileo –  Ahmad Hifni kelahiran di Jember, Jawa Timur pada tanggal 11 Agustus 1993. Ia …

Biografi Sahabat Mahbub Junaidi

PMII Galileo –  Mahbub Djunaidi sosok kelahiran Jakarta 27 juli 1933 ini memang begitu gemar …

Sambutan Ketua Rayon “Pencerahan” Galileo 2017-2018 (Ahmad Qomaruddin) 

  Assalamualaikum warahmatullahi  wabarakatuh Salam Pergerakan!!! Yang terhormat  PB pergerakan mahasiswa islam Indonesia Yang terhormat  …

Wujudkan National Single Identity, Menkominfo Wajibkan Masyarakat Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar dengan KK dan NIK, Bagaimana Caranya?

Sahabat Galileo – Baru-baru ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia mengeluarkan peraturan …

Open House PMII Rayon “Pencerahan” Galileo

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh *Bersemilah bersemilah kader PMII. Tumbuh subur tumbuh subuh kader PMII* Kepengurusan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *