Jumat , November 16 2018
Breaking News
Home / Artikel / PAHLAWAN GENERASI MILLENIAL

Ilustrasi Opini - Sumpah Pemuda dan Generasi Milenial

PAHLAWAN GENERASI MILLENIAL

Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah sebuah contoh adanya pahlawan dalam perjalanan bangsa ini, tanpa mereka kita tidak akan pernah merasakan perkembangan zaman dan kemajuan dimasa ini, Maka kita sebagai anak bangsa tidak semudah itu melupakan jasa mereka semua. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa-jasa pahlawannya” Bung karno atau salah satu kata beliau adalah Jas merah.

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara rakyat Indonesia dan pasukan Britania raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 november 1945 dikota Surabaya, Jawa Timur pertempuran ini adalah pertempuran pertama setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol Nasional, perlawanan anak bangsa Indonesia melawan kolonialisme.

Fakta sejarah lampau yang pernah terjadi pada Indonesia ini mengalami kemunduran nilai semangatnya, dengan perkembangan zaman anak bangsa terlihat lemah dalam membaca sejarah kemerdekaan, perjuangan para pahlawa, para syuhada dan founding father kita itu seakan lenyap begitu saja. Abad -21 ini zaman sudah berisi para pemuda generasi millenial yang tentunya semangat masa lalu dari peperangan melawan kolonial belanda yang sangat menindas dan mengeksploitasi. tapi zaman peradaban ini sudah beralih baru yaitu zaman teknologi yang dimana secara global manusia kekinian mengalami perubahan secara signifikan salah satunya dalam media sosial.

Peran mahasiswa eksakta untuk merefleksikan hari pahlawan hari ini sangat strategis terutama dalam wilayah kesejahteraan masyarakat beserta pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam. jika saya menarik sejarah pahlawan pada masa lalu kita bisa melihat bagaimana perjuangan para pahlawan melawan kolonialisme yang sangat brutal dalam menindas anak bangsa ini. tapi hari ini kita bisa menarik sebuah kontekstual dalam cara pandang berfikir kita. Bahwa masa kini dengan pandangan kritis kita bisa melihat bahwa kemerdekaan yang sesungguhnya masih belum terlaksankan dengan sepenuhnya.

kolonial berwajah baru ini menyerang para pemuda dengan menghancurkan karakter, kebodohan dan memihak kepentingan pribadi, jika dahulu senjata tapi dimasa pemuda generasi millenial ini kita diperlihatkan sesuatu kecanggihan teknologi yang salah satunya berupa media social, dari media sosial para pemuda diperlihakan sebuah realitas  yang membentuk karakter lemah, perkembangan teknologi memang menciptakan atmosfer distraksi sehingga membuat pemuda tidak focus, hanya suka senang-senang dan malas.

Teknologi menciptakan media digital yang akhirnya membuat kultur kelompok , karakter masyarakat Indonesia kini bergeser. Maka dari itu dari merefleksikan hari pahlawa , khususnya pemuda kini menjadi agen perubahan dimasanya kita ubah pola pikir kita yang semula menjadi konsumsi media sosial menjadi tempat membuat inovasi yang baru dalam menunjang perekonomian dan kesejahteraan bersama.

Dalam esai ini saya memberi tema dalam merefleksikan hari pahlawan yaitu pahlawan generasi millenial karena saya belajar membaca sebuah realitas baru dalam perjalalan waktu pada abad ini, sekiranya para pemuda menjadi terdepan dalam masalah pengembangan sosial masyarakat beserta kesejahterannya, bukan Cuma menjadi penonton serta mengikuti arus perkembangan zaman saja, proses inovasi haruslah membuahkan hasil dalam memenuhi jawaban tersebut.

 

Tentang sahabatgalileo

Lihat Juga

Kau Anggap Aku Ahlul Bid’ah. Kamu?

PMII Galileo – Berbicara masalah Bid’ah pasti sudah tidak asing lagi dibenak sahabat Galileo. Utamanya …

Aku “NU”, Jangan Kau Ambil Namaku

PMII Galileo – “Miris, sampai hati ini ikut menangis.Ideologi yang susah payah dibangun ulama’ku justru …

Peran Mahasiswa Masa Kini

PMII Galileo– Sebagai mahasiswa kita perlu mengetahui apakah esensi sebenarnya yang terkandung dalam satu kata …

Filsafat Sebagai Ilmu Kritis

PMII Galileo – Sejak awal Negara Barat terjadi dikotomi antara agama dan filsafat. Sebelum berkembangnya …

Dunia Rasa Maya

Nadi kaki kiri berdiri Lima meter ranah merah darah Delapan santapan senapan Kau korban kedalaman …

INTERPRETASI PAHLAWAN DALAM ORIENTASI PMII MASA KINI

PMII Galileo –  Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk …

Rangers Galileo

PMII Galileo – Pengamatanku yang sudah berjalan hampir 15 tahun pada Power Rangers, meskipun tidak sistematis …

Apa Kabar Negeriku, Hari Ini?

Ada yang hilang dari negeriku Perkara se-abad lalu Ada yang hilang dari negeriku Pasal suara …

Jangan panggil aku pahlawan!! 

Darahku tumpah tanpa celah Badanku remuk tak peduli bentuk Hidupku hancur mengucur lebur Kepingan ketiganya …

HARI PAHLAWAN MENURUT SANTRI ZAMAN NOW

Indonesia sekarang sudah berumur 72 tahun dari sejarah pertempuran mempertahankan kemerdekaan di Surabaya pada tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *