Jumat , Februari 23 2018
Breaking News
Home / Artikel / Undangan Menulis dalam Buku Antologi Esai “PMII DALAM BINGKAI EKSAKTA”

Undangan Menulis dalam Buku Antologi Esai “PMII DALAM BINGKAI EKSAKTA”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh…

Bismillahirrahmanirrahim…

PMII Pencerahan Galileo bermaksud akan menerbitkan sebuah buku antologi esai perdana karya dari seluruh kader PMII Pencerahan Galileo di seluruh Indonesia. Adapun tema yang diangkat dalam proyek antologi esai ini adalah “PMII dalam Bingkai Eksakta”. Kenapa antologi esai ini bertema “PMII dalam Bingkai Eksakta”? PMII Rayon Pencerahan Galileo yang merupakan salah satu rayon eksakta (baca: MIPA, teknik, kedokteran, kesehatan) di lingkungan keluarga besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sangat menyadari akan kebutuhan gagasan-gagasan dalam konteks PMII dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), serta formulasi-formulasi tata organisasi khas eksakta, baik secara konsep kaderisasi maupun arah gerakannya, yang nantinya diharapkan akan bermanfaat untuk kader-kader PMII dalam berproses di PMII Pencerahan Galileo, maupun Rayon/Komisariat Eksakta lainnya. Selain itu, kebutuhan akan gagasan-gagasan terkait bagaimana kita sebagai komponen anak bangsa memberikan sumbangsih pemikiran dalam konteks kebangsaan. Bagaimana bangsa Indonesia ini memiliki segudang permasalahan yang terkait dengan pengelolaan Sumber Daya Alam (baca: SDA), pun Sumber Daya Manusia yang mendukung pengelolaan SDA masih tetap terlantar tanpa perhatian pemerintah, sehingga potensi-potensi tersebut masih belum mampu untuk didayagunakan untuk mensejahterakan rakyat. Tak dapat dipungkiri, hingga hari ini problem-problem tersebut belum mampu dijawab secara konkrit oleh pengelola bangsa ini.

Mahasiswa Eksakta sebagai bagian dari anak bangsa yang notabene lebih sering untuk bersinggungan dengan pengelolaan potensi tersebut memiliki tanggungjawab besar di masa depan untuk menyelesaikan berbagai problematika yang ada perihal hablumminal alam ini. Bagaimana kemudian PMII sebagai organisasi kemahasiswaan dengan nilai-nilai luhurnya mampu menjawab persoalan tersebut. Sebagai bagian integral dari bangsa ini, tentu kita ingin bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan sejahtera secara merata. Adapun sub-tema yang dapat diambil sebagai opsi alternatif konteks pembahasan dalam antologi esai ini antara lain :

  • Menyoal sistem kaderisasi eksakta,
  • Gerakan berbasis eksakta : Perspektif arah dan lapangan gerak,
  • Positioning dan leading sector kader PMII eksakta di dunia profesional,
  • Sikap PMII Eksakta dalam menyikapi wacana-wacana yang berkaitan dengan pengembangan IPTEK Nasional,
  • Refleksi PMII Eksakta dalam bingkai dunia akademik, organisasi, dan kemasyarakatan.

Demikianlah penerbitan antologi ini digagas dan di konsep. Harapannya dari gagasan-gagasan yang terurai nantinya mampu memberi pesan-pesan solusi dapat dipetik dan bermanfaat bagi seluruh kader PMII Pencerahan Galileo khususnya, umumnya bagi seluruh rayon eksakta di lingkungan keluarga besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia di seluruh Indonesia, dan para pembaca.

Adapun ketentuan/kriteria naskah yang diterima adalah sebagai berikut:

  1. Penulis adalah kader PMII Pencerahan
  2. Bentuk karya berupa esai (bukan puisi dan cerpen), untuk mengenal lebih lanjut tentang esai, silahkan klik DISINI.
  3. Naskah esai sesuai dengan tema yang ditentukan seperti yang telah dijelaskan di atas.
  4. Naskah esai harus karya orisinil penulis, bukan hasil jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis dimanapun.
  5. 1 (satu) penulis hanya diperbolehkan mengirim 1 (satu) naskah esai
  6. Esai diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
  7. Naskah esai diketik rapi di kertas A4 (font Times New Roman, 12 pt, spasi 1,5, margin 3 cm) dan sekurang-kurangnya berisi (minimal) 800 kata.
  8. Menulis Biodata (dalam bentuk narasi) disertai foto pribadi dilembar terakhir artikel. Contoh biodata dapat di download DISINI.
  9. Naskah dikirim ke email galileomenulis@gmail.com (DEADLINE pengumpulan naskah tanggal 27 April 2016 pukul 23.59 WIB).
  10. Jumlah penulis tidak dibatasi (setiap naskah akan diterima dan akan melalui proses editing, baik secara konten maupun layout)
  11. Buku akan terbit pada bulan Mei 2016

 

Keterangan Tambahan :

Masing-masing penulis akan mendapatkan 1 (satu) buku antologi sebagai tanda bukti penerbitan. Bila menginginkan jumlah lebih, dapat menghubungi kami.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan melalui SMS/WA ke 085 724 230 345 (Sahabat Fawwaz).

 

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

~ Pramoedya Ananta Toer ~

 

Salam Karya, Salam Pergerakan!

Tim Redaksi Buku Antologi

“PMII dalam Bingkai Eksakta”

PMII Rayon Pencerahan Galileo

Tentang sahabatgalileo

Lihat Juga

UIN Maliki Malang Bentuk Lembaga Riset dan Fatwa “Majma’ Al-buhuts wa Al-ifta” 

PMII Galileo – Universitas Islam Negeri Malang, sebagai salah satu Universitas dengan eksistensi yang cukup …

PMII RPG Adakan Mapaba Sesion II

Tahun akademik baru menjadi ajang perlombaan mahasiswa baru disemua Universitas dan sekolah tinggi di Indonesia. …

INTERPRETASI PAHLAWAN DALAM ORIENTASI PMII MASA KINI

PMII Galileo –  Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk …

Rangers Galileo

PMII Galileo – Pengamatanku yang sudah berjalan hampir 15 tahun pada Power Rangers, meskipun tidak sistematis …

PAHLAWAN GENERASI MILLENIAL

Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah sebuah contoh adanya pahlawan dalam perjalanan bangsa ini, tanpa mereka kita …

HARI PAHLAWAN MENURUT SANTRI ZAMAN NOW

Indonesia sekarang sudah berumur 72 tahun dari sejarah pertempuran mempertahankan kemerdekaan di Surabaya pada tanggal …

Pahlawan Bukan Sekedar Dikenang

PMII Galileo –  “Betapa hatiku takkan pilu telah gugur pahlawanku. Betapa hatiku takkan sedih hamba ditinggal sendiri. Siapakah kini pelipur lara nan setia dan perwira. Siapakah kini pahlawan hati pembela bangsa sejati . . . . (Ismail …

Pahlawan Untuk Pelajaran

PMII Galileo – sejarah adalah pelajaran bagi masa sekarang dan masa sekarang adalah pelajaran bagi masa …

PMII RPG adakan Follow Up MAPABA 2017

PMII Galileo –  Mencetak Kader penerus merupakan kewajiban bagi organisasi kaderisasi seperti Pergerakan Mahasiswa Islam …

Sholawat Sumpah Pemuda “Zaman Now” Ala Gus Dur

PMII Galileo- Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, hampir seluruh kalangan pemuda merayakannya, tanpa terkecuali yang masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *