Rabu , Desember 12 2018
Breaking News
Home / Uncategorized / LESTARIKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA

LESTARIKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA


IMG_20151002_093440[1]12088025_1062189950482431_6493326070568637182_n pmii dan media

 

Batik adalah merupakan warisan budaya indonesia yang sampai sekarang masih bisa di lestarikan oleh banyak warga indonesia, meskipun sekarang batik sudah menjadi warisan budaya indonesia yang sudah resmi di akui UNESCO tapi masih banyak orang-orang khususnya pemuda di pelosok indonesai yang tidak mengetahuinya dan gengsi untuk memakai batik, oleh karna itu pada tanggal 02 Oktober di peringati sebagai Hari Batik Nasional.

Namun kesadaran seluruh rakyat indonesia akan adanya suatu peringatan hari besar nasional sangatlah minim contoh nya seperti hari batik ini, atusias di lingkungan civitas akadamika uin maliki malang untuk memakai batik pada perayaan hari batik ini sangat minim mulai dari dosen, pegawai dan mahasiswa. Budaya indonesia lambat laun mulai pudar di kalahkan oleh budaya asing yang sekarang lebih dominan malah di pakai sebagai budaya bangsa ini.

“Merefleksikan bahwa batik adalah warisan nenek moyang dan budaya indonesia yang wajib hukumnya di lestarikan” ungkap Mahbub Junaidi koordinator aksi.

Maka pada kesempatan peringatan hari batik nasional ini Pergerakan Mahasiswa Indonesia Rayon “Pencerahan” Galileo mengadakan aksi damai  di gelar di pelataran tangga besar dengan tema “Lestarikan Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia”, aksi damai ini dilakukan dengan membagi stiker yang di berikan kepada mahasiswa serta menebar tulisan “WE LOVE BATIK” yang di pampang oleh sahabat/i di pelataran tangga besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

“Mahasiswa hari ini sudah terjebak dengan trend, dan seakan malu memakai batik yang menjadi budaya negaranya, mereka lebih bangga dengan kaos distro daripada batik” ujar Azwar Afandi sekaligus koordinator Biro Gerakan Rayon PMII “Pencerahan” Galileo.

Disamping kita menggelar aksi damai dengan membagikan stiker dan artikel tentang batik atas intruksi Ketua Komisariat Sunan Ampel Malang sahabat Viki Maulana kita juga melakukan penggalangan dana untuk sahabat Tosan dan Salim Kancil aktivis tani Lumajang yang kemaren dibunuh secara sadis akibat sengketa tambang di lumajang.

Dengan adanya aksi damai hari batik nasional yang di laksanakan oleh sahabat galileo ini di harapkan bahwa kita dapat mengingat dan merefleksikan bahwa batik adalah warisan budaya kita yang sudah di akui dimata dunia, tentunya kami juga menyerukan bahwa batik sendiri merupakan identitas bangsa yang patut kita lestarikan sampai kapanpun.

Selamat Hari Batik Nasional 🙂

(red:mahbub junaidi)

Tentang sahabatgalileo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *