Kamis , Mei 24 2018
Breaking News
Home / Aswaja / WHO AM I ?

WHO AM I ?

imagesWHO AM I ? jawaban nya jelas kita adalah mahasiswa,  namun apa peran dan fungsi Mahasiswa ?            ini lah yang perlu di pertanyakan oleh kita siapa kah kita apa peran kita apa fungsi kita sebagai mahasiswa ? Mari kita andir (analisa diri) sahabat , Mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, yang mempunyai kesempatan untuk mengarungi lautan ilmu perguruan tinggi ,dan mempunyai title sebagai orang intelek dan mempunyai tanggung jawab terhadap rakyat dan mempunyai suara untuk memajukan negeri,sehingga mampu membuat  mahasiswa  berada di tengah-tengah antara masyarakat dan pemerintah .

 

-PERAN MAHASISWA :

  1. Agent Of Change( Generasi Perubahan )

Mahasiswa sebagai agen dari suatu perubahan.Artinya jika ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.

  1. Social Control( Generasi Pengontrol )

Sebagai generasi pengontorol seorang mahasiswa diharapkan mampu mengendalikan keadaan sosial yang ada di lingkungan sekitar.Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dan memiliki kepekaan dengan lingkungan.

Sebagai tulang punggung bangsa di masa depan, mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya

  1. Moral Force( Gerakan Moral )

Mahasiswa sebagai penjaga stabilitas lingkungan masyarakat, diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada.

 

-Fungsi Mahasiswa

Berdasarkan tugas perguruan tinggi yang diungkapkan M.Hatta yaitu membentuk manusisa susila dan demokrat yang

  1. Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat
  2. Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan
  3. Cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat

 

-POSISI MAHASISWA

Mahasiswa dengan segala kelebihan dan potensinya tentu saja tidak bisa disamakan dengan rakyat dalam  hal perjuangan dan kontribusi terhadap bangsa. Mahasiswa pun masih tergolong kaum idealis, dimana keyakinan dan pemikiran mereka belum dipengarohi oleh parpol, ormas, dan lain sebagainya. Sehingga mahasiswa dapat dikatakan memiliki posisi diantara masyarakat dan pemerintah.

tes1Mahasiswa dalam hal hubungan  masyarakat ke pemerintah dapat berperan sebagai kontrol politik, yaitu mengawasi dan membahas segala pengambilan keputusan beserta keputusan-keputusan yang telah dihasilkan sebelumnya. Mahasiswa pun dapat berperan sebagai penyampai aspirasi rakyat, dengan melakukan interaksi sosial dengan masyarakat dilanjutkan dengan analisis masalah yang tepat maka diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan realita yang terjadi di masyarakat beserta solusi ilmiah dan bertanggung jawab dalam menjawab berbagai masalah yang terjadi di masyarakat.

Mahasiswa dalam hal hubungan pemerintah ke masyarakat dapat berperan sebagai penyambung lidah pemerintah. Mahasiswa diharapkan mampu membantu  menyosialisasikan berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Tak jarang kebijakan-kebijakan pemerintah mengandung banyak salah pengertian dari masyarakat, oleh karena itu tugas mahasiswalah yang marus “menerjemahkan” maksud dan tujuan berbagai kebijakan kontroversial tersebut agar mudah dimengerti masyarakat.

Posisi mahasiswa cukuplah rentan, sebab mahasiswa berdiri di antara idealisme dan realita. Tak jarang kita berat sebelah, saat kita membela idealisme ternyata kita melihat realita masyarakat yang semakin buruk. Saat kita berpihak pada realita, ternyata kita secara tak sadar sudah meninggalkan idealisme kita dan juga kadang sudah meninggalkan watak ilmu yang seharusnya kita miliki,dan juga kita sudah lupa dimana posisi ,peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa yang berada di tengah-tengah pemerintah dan masyarakat ,terkadang kita malah hanya ingin menuruti kemauan kita sendiri, tidak pernah memikirkan nasib negara kesatuan kita ini ,seharus nya kita memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam menentukan MAJU ATAU MUNDUR nya bangsa ini dengan peran ke ilmuan berlandas kan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI, maupun Pergerakan kita untuk membela hak-hak rakyat dengan cara   menyampaikan pendapat, hal tersebut sudah diatur oleh UUD 1945 dalam pasal 27 tenUntuktang kebebasan berpendapat “setiap warga Negara berhak menyampaikan pendapat baik lisan maupun tulisan dan diatur oleh undang – undang”. Penjabaran dalam menyampaikan pendapat menurut undang – undang bisa dilakukan dengan cara :Membuat tulisan,Audiensi,Mimbar bebas,Pawai / long March,Aksi Demonstrasi, dan juga kita ada lah mahasiswa islam , kita bukan hanya membela negara , kita juga wajib menyampaikan nilai nilai ke islman dan selalu menjaga persatuan kesatuan republik indonesia.

Dalam pepatah Arab mengatakan “Syubhanul Yaum Rijaalul Ghoddi” Pemuda sekarang adalah Pemimpin Masa depan.

Tentang sahabatgalileo

Lihat Juga

Cara Pemecahahan Terhadap Penurunan Elektabilitas Jokowi

PMII Galileo – Cara  untuk  meyakinkan dugaan atau hipotetis tentang tingkat keterpilihan Bakal Calon (Balon)/Calon dalam …

GERAKAN AKSI MENULIS

Tanggal 10 November, merupakan hari dimana sejarah tidak bisa di lupakan, hari dimana para pahlawan …

Biografi Agus Herlambang, Ketua Umum PB PMII Masa Khidmat 2017-2019

PMII Galileo – Akrab dipanggil dengan Mr. Agus atau Sahabat Agus, lengkapnya adalah Agus Mulyono Herlambang …

Biografi Septi Rahmawati, Ketua PB KOPRI 2017-2019

PMII Galileo – Septi Rahmawati akrab disapa Septi merupakan Putri ke empat  dari Lima bersaudara. Ayahanda …

Biografi Ahmad Hifni, Penulis Buku Menjadi Kader PMII

PMII Galileo –  Ahmad Hifni kelahiran di Jember, Jawa Timur pada tanggal 11 Agustus 1993. Ia …

Biografi Ibnu Taimiyyah

PMII Galileo – Syaikhul Islam Al Imam Abul Abbas namanya adalah Ahmad bin Abdul Halim Abdus …

Biografi Sahabat Mahbub Junaidi

PMII Galileo –  Mahbub Djunaidi sosok kelahiran Jakarta 27 juli 1933 ini memang begitu gemar …

Buletin Teropong Edisi September 2016

Karena dengan menulis, hidup kita terasa manis. Salam Jurnalistik..!! Puji Syukur, Alhamdulillah.. Buletin Teropong Episode …

Tahlil Rutin PMII Rayon Pencerahan Galileo – 08 September 2016

Tahlil merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Organisasi PMII Rayon Pencerahan Galileo. Selain sebagai bentuk …

ASEP PEMUDA YANG KEKINIAN

  By:m.azwar afandi Kisah pemuda bernama Asep, sang pemuda yang kekinian. Kehidupan Asep sehari hari …

2 Komentar

  1. apa memang tertanggal 1 januari 90?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *